Langsung ke konten utama

15 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak

Manfaat Sarapan Pagi – Sudahkah Anda sarapan pagi hari ini? Jika belum, sempatkanlah untuk makan lantaran ternyata ada banyak manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak Anda. Rugi deh, kalau hingga Anda meninggalkan rutinitas sarapan sebelum bekerja atau pun beraktivitas.

Sibuk lantaran pekerjaan terkadang menciptakan seseorang tidak sempat sarapan di rumah. Padahal, sarapan bukan hanya sekedar makan pagi. Sarapan diketahui mempunyai peranan penting bagi kesehatan. Mulai melancarkan buang air besar (BAB) hingga membantu menurunkan berat badan.

Bahkan mempunyai kegunaan juga lho untuk meningkatkan kinerja otak. Dilansir dari banyak sekali sumber, inilah ulasan Selalu Sehat perihal manfaat yang akan Anda dapatkan dari sarapan ketika pagi hari.
 sempatkanlah untuk makan lantaran ternyata ada banyak manfaat sarapan pagi bagi kesehatan t 15 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak
Ilustrasi hidangan sarapan pagi yang kaya manfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak (Foto : Janine)

Daftar Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak


1. Membuat Pikiran Tetap Fokus

Setiap orang tentu tidak ingin kehilangan konsentrasi ketika bekerja, mencar ilmu atau ujian. Nah, sarapan sebelum berangkat beraktivitas ternyata bisa menciptakan pikiran menjadi lebih fokus dan gampang berkonsentrasi. Perut yang sudah terisi masakan akan menciptakan pikiran Anda tak teralihkan dengan rasa lapar ketika sedang bekerja atau sekolah.

Jika tak sarapan, tubuh Anda akan terasa lapar lantaran kekurangan energi. Semakin sedikit energi di tubuh, semakin sulit seseorang untuk tetap fokus atau berkonsentrasi. Ngantuk dan pikiran tak fokus pun rentan terjadi. Inilah mengapa sarapan sangat penting dilakukan sebelum beraktivitas.

2. Menghindari Penyakit Maag

Sakit maag biasanya terjadi lantaran adanya ketidakseimbangan di lambung atau organ pencernaan lainnya. Maag disebabkan oleh teladan makan yang tidak teratur. Jika Anda mempunyai riwayat penyakit maag, cobalah sarapan di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan mengurangi risiko asam lambung di pencernaan.

3. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Sarapan pagi dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi susah buang air besar (BAB) atau sambelit (konstipasi). Penelitian oleh John Hopkins University menyampaikan bahwa sarapan pagi sanggup menciptakan buang air besar (BAB) lebih lancar. Syaratnya, sarapan harus dilakukan sebelum pukul 9 pagi.

Peneliti menyampaikan bahwa umumnya kalau sarapan, seseorang tidak akan makan terlalu banyak di siang hari yang bisa mengakibatkan sakit perut atau konstipasi. Jika seseorang sarapan di atas jam 9 kemudian dilanjutkan dengan makan siang pukul 12, lambung akan penuh dan BAB pun akan semakin sulit.

4. Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang pada umumnya melewatkan sarapan pagi supaya bisa menurunkan berat tubuh dengan cepat. Namun, ternyata berdasarkan para pakar kesehatan, sarapan malah bisa membantu mengurangi bobot tubuh. Kok bisa?

Kaprikornus begiini logikanya, apabila Anda melewatkan sarapan maka porsi makan siangnya akan semakin banyak. Nah, dengan semakin besarnya hidangan makan siang Anda tersebut, tentu akan semakin menambah berat badang bukan?

Lain halnya kalau Anda sarapan sebelum beraktivitas, maka rasa lapar yang dirasakan ketika makan siang datang akan berkurang. Porsi makan siang pun tidak akan begitu banyak dan jadwal penurunan berat tubuh Anda akan berhasil.

5. Memenuhi Zat Gizi atau Nutrisi Tubuh

Sarapan ketika pagi hari merupakan upaya untuk memenuhi banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Apabila Anda menunda sarapan, berarti asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan tak akan bisa masuk ke dalam tubuh. Menu sarapan ibarat sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plus granula termasuk sumber kalsium dan serat.

6. Dapat Meningkatkan Kemampuan / Kecerdasan Otak

Hasil riset para hebat dari Universitas Swansea Wales menyampaikan bahwa siswa yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Mengapa bisa demikian?

Menurut para ahli, glukosa termasuk satu-satu materi bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, tubuh akan merasa lelah dan berkunang-kunang. Sementara itu, ketika Anda berdiri pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh acara sehari sebelumnya. 

Jadi, untuk memulihkan kadar nutrisi tersebut, Anda memerlukan sarapan ketika pagi hari. Inilah mengapa belum dewasa sekolah selalu dianjurkan untuk sarapan sebelum berangkat. Selain meminimalisir resiko penyakit maag, ternyata bisa juga meningkatkan kecerdasan otak.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung.

Hasil riset menyampaikan bahwa perempuan sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan mempunyai kadar Kolesterol jelek LDL lebih tinggi dari pada mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu di pagi hari. Melalui sarapan sehat, kebutuhan serat tubuh akan terpenuhi. 

Serat diketahui sanggup mengikat Kolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Sebuah penelitian 10 tahun yang dilakukan Harvard Nurses Health menyimpulkan bahwa asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga mencapai 50 persen.

8. Membuat Koordinasi Tubuh Menjadi Lebih Baik

Salah satu manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yaitu mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Dengan sarapan secara teratur, Anda bisa memperbaiki problem pada keseimbangan tubuh. Gak mau kan kalau koordinasi tubuh terganggu ketika bekerja atau beraktivitas?

9. Mengurangi Resiko Stres

Coba bayangkan, bagaimana perasaan Anda ketika perut kosong kelaparan di pagi hari, Anda harus melaksanakan acara padat yang penuh tekanan. Ditambah lagi dengan cuaca tidak baik. Tentu, akan menciptakan Anda menjadi gampang stres bukan?

Nah, untuk mengurangi stres tersebut, Anda bisa melaksanakan sarapan sebelum berangkat ke kantor atau kawasan kerja lainnya. Setelah sarapan, perut akan menjadi kenyang dan tubuh Anda pun siap untuk bekerja dengan ulet dan semangat.

10. Membuat Mood Jauh Lebih Baik

Hasil penelitian perihal manfaat sarapan pagi telah banyak mengungkap fakta bahwa orang yang telah sarapan pagi mempunyai mood lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Oleh alasannya itu, pastikan Anda menyantap masakan ketika pagi hari walaupun hanya sekedar untuk mengganjal perut yang keroncongan.

Baca Juga :
11. Dapat Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Seperti pada ulasan yang telah dijelaskan di atas, bahwa ketika Anda berdiri tidur maka kadar gula dalam tubuh akan turun secara drastis. Hal ini lantaran ketika tidur tubuh tidak mengkonsumsi masakan sama sekali. Nah, untuk memulihkan kadar gula / karbohidrat  dan energi maka Anda harus sarapan pagi

Apabila sarapan ini terlewatkan oleh Anda, maka tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glikogen. Kekurangan cadangan gula ini akan mengakibatkan metabolisme tubuh tidak seimbang sehingga akan berdampak pada banyak sekali penyakit ibarat keluhan di lambung dan maag.

12. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah Dan Kolesterol

Sebuah penelitian kecil menyampaikan bahwa perempuan sehat dan ramping yang melewati sarapan akan mempunyai kadar gula darah dan kolesterol lebih tinggi. Hal ini mungkin lantaran dengan melewatkan sarapan maka perempuan akan menjadi lebih banyak makan sepanjang hari daripada perempuan lainnya yang sarapan.

13. Berpengaruh Baik Terhadap Anak-Anak Sekolah

Sarapan mempunyai peranan penting dalam kehidupan anak usia sekolah. Anak yang menyantap hidangan masakan pagi tentu otak dan tubuhnya akan lebih siap mendapatkan pelajaran dari pada mereka yang belum sarapan.

Bukan hanya itu, anak pun akan menjadi lebih bersemangat lantaran sudah mempunyai bekal energi yang cukup. Dengan demikian, si anak akan lebih gampang membuatkan kreativitas atau pun kecerdasannya ketika bersekolah. Oya, sarapan juga bisa mencegah jajan sembarangan lho.

14. Mencegah Cepat Pikun

Dalam jurnal Psychology and Behavior yang dilansir dari Business Insider terungkap inovasi bahwa belum dewasa sekolah dasar yang rutin sarapan mempunyai memori jangka pendek yang lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan.

Sementara itu, dilansir dari Live Strong, The University of Maryland Medical Center menyampaikan bahwa seorang anak yang tidak sarapan akan lebih cepat lelah ketika di sekolah, tidak bisa berkonsentrasi, dan kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif.

Dari dua sumber tersebut sanggup kita lihat, sarapan sangat dekat kaitannya dengan kinerja otak. Gizi jelek akan mengarah pada penurunan rentang perhatian, gangguan memori, kecenderungan untuk terdistraksi, dan memperlambat kecepatan belajar. Jadi, sarapan cenderung membantu Anda untuk tidak cepat pikun.

15. Untuk Kesehatan Jangka Panjang

Dari sekian uraian yang telah dijelaskan tersebut, tentu kita menjadi tahu akan manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh, bukan? Dengan rutin sarapan pagi maka tubuh kita akan menjadi selalu sehat hingga usia tua. Beberapa penyakit ibarat tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, hingga diabetes pun sanggup dikurangi resikonya bila rutin sarapan.

Tips Sehat Sarapan Pagi

 sempatkanlah untuk makan lantaran ternyata ada banyak manfaat sarapan pagi bagi kesehatan t 15 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Otak
Ilustrasi hidangan sarapan pagi
Agar sarapan pai Anda menjadi lebih berguna, berikut tips sehat yang perlu diperhatikan :
  • Menu sarapan pagi sebaiknya mengandung minimal 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atau yogurt) plus protein dan lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (Catatan : satu sendok setara 4 gram).
  • Bagi Anda yang tak punya waktu sarapan di rumah, Anda bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati  di perjalanan atau pun sehabis hingga di kawasan kerja. Yang penting harus tetap sarapan biar sehat.
  • Untuk hidangan praktis, Anda bisa mengkonsumsi telur. Bahan masakan ini gampang disajikan dan mengandung nutrisi tidak mengecewakan lengkap ibarat vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat lain yang sangat diharapkan tubuh kita.
  • Anda bisa menambah variasi hidangan sarapan dengan mengonsumsi  buah favorit untuk kebutuhan vitamin bagi tubuh.  Blenderlah buah dicampur yogurt atau susu dan simpanlah di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya.
Bagaimana kalau tidak merasa lapar ketika pagi hari? Jika hal tersebut terjadi, maka Andaa harus mengubah jam biologis makan Anda. Cobalah menghentikan makan sehabis pukul 20.00 malam hari. Dalam dua atau tiga pekan ke depan, jam biologis nafsu makan Anda kemungkinan akan berubah sehingga setiap berdiri pagi hari, Anda akan merasa lapar.

Nah, sudah tahu kan kini pentingnya sarapan pagi? Ayo buruan sarapan bagi yang belum, biar menambah energi serta semangat dalam beraktivitas di hari ini. Demikian sekilas informasi kesehatan perihal manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh dan kecerdasan otak, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbuka Puasa Dengan Yang Manis? Usulan Atau Larangan?

Di dalam agama islam sudah ada sunnah yang menyampaikan para umatnya ketika berpuasa dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, apa alasan dibalik ajuan tersebut? dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, Selaku Koordinator pelayanan masyaraat ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Indonesia mengatakan. Selama 14 jam badan tidak mendapatkan asupan masakan baik itu cairan maupun sari makanan. Hal ini menjadikan kadar glukosa dalam darah menurun, kesannya badan akan mengalami kekurangan energi yang sanggup menjadikan badan menjadi lemas. Sumber energi pada badan insan ialah berasal dari karbohidrat yang mengandung gula, kemudian badan memproses gula tersebut menjadi sebuah energi. Oleh alasannya ialah itu, berbuka dengan yang manis-manis akan menjadi sebuah pilihan yang sempurna untuk mengembalikan kadar gula atau energi dalam badan manusia, menjadi normal kembali. dr. Inge menjelaskan "Namun, harus tetap diingat bahwa tetap ada

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan Pepaya ialah buah yang tersedia sepanjang tahun, rasanya yang nikmat, manis dan lembut. Buah pepaya dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan . Buah pepaya adalah salah satu favorit pecinta buah baik untuk gizi, pencernaan, dan obat. Pohon pepaya ditanam secara luas di seluruh tempat tropis dan dibudidayakan untuk buah-buahan dan papain lateks, enzim yang dipakai dalam industri makanan. Pepaya termasuk dalam keluarga Caricaceae genus, Carica dan ilmiah disebut sebagai Carica papaya. Pohon pepaya banyak buahnya yang bundar atau berbentuk menyerupai buah pir namun panjang yang sanggup mempunyai panjang sekitar 15-25 cm. Di dalam buah ada banyak biji hitam, di rongga tengah. Daging berwarna oranye, baik kuning atau pink, lembut dan mempunyai rasa nikmat dan manis, rasa musky dengan rasa yang kaya. Buah Babaco berkaitan bersahabat dengan pepaya, mempunyai penampilan dan rasa yang sama menyerupai pepaya. Apa yan

Sakit Maag, Tanda-Tanda Dan Penyebab Sakit Maag

Sakit Maag tanda-tanda dan penyebabnya, anda wajib tahu..!! Gejala Sakit Maag Gejala sakit maag yang sering terjadi adalah, rasa mual dan muntah, gampang lapar, rasa sakit di perut dan dada, kepala sering pusing, buang air besar terasa nyeri, sering bersendawan dan lainnya. Jika anda selalu sibuk dan sering telat makan, maka hal di atas akan anda rasakan, dan tentunya ini akan menyebabkan sakit maag yang marah. Mengatasi Sakit Maag Sebenarnya cara yang paling gampang untuk mengatasi maag ialah dengan contoh makan yang teratur dan hidup yang teratur pula. Hindari makanan yang menjadi penyebab maag, dan hindari juga makanan yang asam, pedas atau minumal beralkhohol, alasannya seringnya orang minum minuman beralkohol ini dalam keadaan perut kosong. Cara yang lain untuk mengatasi maag ini ialah dengan memakai obat. Mengkonsumsi obat sakit maag ialah cara terakhir yang harus di lakukan, akan tetapi dengan tawaran atau resep dokter. Dan sakit maag sendiri mempunyai dua jenis yaitu maag akut