Langsung ke konten utama

Manfaat: 10 Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

Hampir semua orang di dunia ini suka bermain game, entah ini di gadget, komputer, playstation, laptop atau dimanapun.
Tahu gak sih? ternyata berdasarkan penelitian bermain game baik bagi kesehatan badan dan kemampuan berfikir otak. Hal ini didasarkan pada jurnal utama American Psychological Association, American Psychologist.

Baca Juga: 10 Manfaat Bersepeda bagi tubuh

Isabela Granic yaitu seorang Professor Developmental psikopatologi di Radbound University Nijmegen Belanda, mengungkapkan penelitian penting yang sudah dilakukan selama beberapa tahun kebelakang yaitu wacana dampak negatif dari game, termasuk agresi, depresi dan kecanduan. Tapi untuk memahami dampat video game pada anak dan remaja, pembangunan perspektif yang lebih seimbang juga dibutuhkan.

Para peneliti menyampaikan hal dampak ini berlaku untuk game FPS (First Person Shooter) yang identik dengan kekerasan, Call of Duty misalnya. 

Sebuah studi mengungkapkan bahwasannya bermain video game FPS meningkatkan kapasitas player untuk berfikir dalam objek tiga dimensi, sama ibarat jadwal akademik untuk meningkatkan keterampilan yang persis sama.

Manfaat dalam bermain game antara lain yaitu:

1. Meningkatkan Konsentrasi.


Ketika bermain game, player pastinya fokus untuk menjadi juara/skor tertinggi dan menang. Untuk fokus pun niscaya butuh keahlian dalam bermain game. Pada kasus ini ialah bermain game, pemain di tuntut untuk fokus pada koordinasi antara tangan untuk memakai controller/keyboard/mouse dan pengelihatan mata.

2. Hiburan/Refreshing Menghilangkan Stress


Kata orang, merokok bisa menghilangkan stress, dibandingkan dengan merkok, bermain game tentunya bisa lebih menghilangkan stres. Dengan bermain game, Anda bisa melupakan sejenak persoalan Anda, tentunya jangan emosi ketika bermain game.

3. Kerja Sama tim yang Paling Ampuh


Ada beberapa game yang menuntuk Anda untuk bekerja dengan tim, ibarat DOTA 2, Mobile Legends, Arena of Valor, Vainglory dsb. Dijamin, Anda tidak akan bisa menang kalau koordinasi dengan tim tidak baik. Maka dari itu, ketika Anda bermain game-game bertype taktik Anda harus bekerja dengan tim, yang berarti game berjenis ini bisa melatih Anda bekerja dengan tim.

4. Melatih Kesabaran


Seperti yang kita tahu, ada beberapa game yang memang sangat amat ngeselin banget, pasalnya Anda perlu mencoba lebih dari dua kali untuk bisa menamatkan game tersebut. Nah disini dampak positifnya, ketika Anda bermain game dan kalah melulu, Anda bisa sabar dan mengulang kembali. Tapi, kalau Anda bermain game Cat Mario, bukannya  sabar malah bisa-bisa PC Anda menjadi salah satu korban jotos.

5.Melatih Aktivitas Fisik.


Ada beberapa game yang menuntut Anda untuk bergerak, ibarat game Pokemon GO. Ada juga beberapa konsol game yang menuntut Anda untuk bergerak ketika bermain, ibarat Nintendo Wii dan Xbox Kinectl.

6. Mempererat Hubungan Sosial


Bermain game dengan adik, pacar, saudara tentunya asik sekali. Hal ini bisa mempererat korelasi Anda dengan mereka. Cobalah bermain game yang bejenis multiplayer, ibarat PES atau FIFA.

7. Membangun kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah.


Player Game biasanya memiliki kemampuan pemecehan persoalan yang luas atau bisa dibilang "anti mainstream"

Ini disebabkan, di dalam game yang mereka mainkan, biasanya terdapat sebuah teka-teki tersendiri yang menuntut player-nya untuk menemukan dan memcahkan masalah.

8.Semakin Menambah Pertemanan


Biasanya hal ini berlaku pada Game online berjenis MMORPG, game yang berfokus pada sosialisasi dan Online Player.

9. Belajar Bahasa Inggris.


Kebanyakan game memakai bahasa inggris, terkadang pemain yang belum faham betul dengan bahasa inggris akan kesulitan dalam menamatkan sebuah game, untuk itu game "memaksa" pemainnya untuk bisa bahasa inggris. Nah, disinilah dampak positifnya, pemain yang mencar ilmu bahasa inggris dari game biasanya lebih bisa meng-aplikasi-kannya dibandingkan orang yang mencar ilmu bahasa inggris formal.

10. Menghasilkan Uang


Bermain game juga bisa menghasilkan uang, dari mulai menciptakan channel youtube game, hingga menjadi gamer professional dan bermain dalam naungan eSport.

Penutup;


Intinya, bermain game sah-sah saja dilakukan asal tidak berlebihan. Di Seriusi dan berlebihan itu beda lho ya, maka dari itu tetap ingat waktu dan jangan lupakan kehidupan nyata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbuka Puasa Dengan Yang Manis? Usulan Atau Larangan?

Di dalam agama islam sudah ada sunnah yang menyampaikan para umatnya ketika berpuasa dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, apa alasan dibalik ajuan tersebut? dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, Selaku Koordinator pelayanan masyaraat ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Indonesia mengatakan. Selama 14 jam badan tidak mendapatkan asupan masakan baik itu cairan maupun sari makanan. Hal ini menjadikan kadar glukosa dalam darah menurun, kesannya badan akan mengalami kekurangan energi yang sanggup menjadikan badan menjadi lemas. Sumber energi pada badan insan ialah berasal dari karbohidrat yang mengandung gula, kemudian badan memproses gula tersebut menjadi sebuah energi. Oleh alasannya ialah itu, berbuka dengan yang manis-manis akan menjadi sebuah pilihan yang sempurna untuk mengembalikan kadar gula atau energi dalam badan manusia, menjadi normal kembali. dr. Inge menjelaskan "Namun, harus tetap diingat bahwa tetap ada

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan Pepaya ialah buah yang tersedia sepanjang tahun, rasanya yang nikmat, manis dan lembut. Buah pepaya dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan . Buah pepaya adalah salah satu favorit pecinta buah baik untuk gizi, pencernaan, dan obat. Pohon pepaya ditanam secara luas di seluruh tempat tropis dan dibudidayakan untuk buah-buahan dan papain lateks, enzim yang dipakai dalam industri makanan. Pepaya termasuk dalam keluarga Caricaceae genus, Carica dan ilmiah disebut sebagai Carica papaya. Pohon pepaya banyak buahnya yang bundar atau berbentuk menyerupai buah pir namun panjang yang sanggup mempunyai panjang sekitar 15-25 cm. Di dalam buah ada banyak biji hitam, di rongga tengah. Daging berwarna oranye, baik kuning atau pink, lembut dan mempunyai rasa nikmat dan manis, rasa musky dengan rasa yang kaya. Buah Babaco berkaitan bersahabat dengan pepaya, mempunyai penampilan dan rasa yang sama menyerupai pepaya. Apa yan

Sakit Maag, Tanda-Tanda Dan Penyebab Sakit Maag

Sakit Maag tanda-tanda dan penyebabnya, anda wajib tahu..!! Gejala Sakit Maag Gejala sakit maag yang sering terjadi adalah, rasa mual dan muntah, gampang lapar, rasa sakit di perut dan dada, kepala sering pusing, buang air besar terasa nyeri, sering bersendawan dan lainnya. Jika anda selalu sibuk dan sering telat makan, maka hal di atas akan anda rasakan, dan tentunya ini akan menyebabkan sakit maag yang marah. Mengatasi Sakit Maag Sebenarnya cara yang paling gampang untuk mengatasi maag ialah dengan contoh makan yang teratur dan hidup yang teratur pula. Hindari makanan yang menjadi penyebab maag, dan hindari juga makanan yang asam, pedas atau minumal beralkhohol, alasannya seringnya orang minum minuman beralkohol ini dalam keadaan perut kosong. Cara yang lain untuk mengatasi maag ini ialah dengan memakai obat. Mengkonsumsi obat sakit maag ialah cara terakhir yang harus di lakukan, akan tetapi dengan tawaran atau resep dokter. Dan sakit maag sendiri mempunyai dua jenis yaitu maag akut