Langsung ke konten utama

Semua Kegunaan Dan Manfaat Buah Bengkuang

 
Buah Bengkuang


Bengkuang merupakan buah yang kaya akan zat gizi dan sangat penting untuk  kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam  buah bengkuang yang  paling tinggi yaitu vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung di dalam  bengkuang adalah  fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga mengandung  kadar air yang cukup tinggi sehingga sanggup menyegarkan badan setelah  mengkonsumsinya  dan menambah cairan badan yang diharapkan untuk menghilangkan  deposit-deposit lemak  yang mengeras dan terbentuk dalam beberapa penggalan tubuh. Oleh  lantaran itu, buah bengkuang  dianggap sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Bengkuang berasal dari tempat Amerika Tengah dan Selatan terutama didaerah Mexico. Suku Aztec memakai biji flora bengkuang ini sebagai obat-obatan. Kemudian pada periode ke-17, Spanyol membuatkan flora ini ke tempat Philipina hingga hasilnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan semenjak ketika itulah bengkuang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkuang kini lebih banyak dibudidayakan di tempat Jawa dan Madura atau didataran rendah.
Bahan-bahan alami yang kaya nutrisi telah usang diandalkan sebagai sumber perawatan terbaik bagi badan kita. Sebenarnya, kita sanggup mendapat manfaat semua materi alami itu dengan cara mengonsumsi atau mengolahnya sesuai proposal dari para jago gizi. Namun, imbas sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar.
Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkuang terbukti menyegarkan, lantaran akar umbi dari bengkuang mempunyai kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi imbas melembabkan.
Berikut Beberapa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan :
  • Mengobati Wasir
    Wasir terjadi lantaran gangguan pedoman darah di sekitar dubur sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Dengan pengobatan apapun kemungkinan wasir sanggup kambuh kembali tergantung dari kebiasaan makan, minum dan buang air besar.
    Kandungan serat dalam bengkuang sanggup membantu mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantu memperlancar akses pencernaan dan pengeluaran feses sehingga tidak sulit dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi pemfokusan ketika mengeluarkannya. Dengan demikian sanggup mengurangi rasa sakit penderita wasir. Untuk mengatasi wasir, bengkuang dibentuk dalam bentuk jus yang diminum setiap berdiri tidur dan pada pagi hari.
  • Mengobati Demam
    Demam terjadi lantaran adanya suatu prosedur pertahanan badan (respon imun) terhadap zat absurd (bibit penyakit yang telah dilemahkan) yang masuk ke dalam tubuh. Adanya benda absurd tersebut akan merangsang sistem pertahanan tubuh, sehingga akan merangsang acara sel imunitas (sel makrofag dan limfosit T) untuk memerangi zat absurd tersebut dengan meningkatkan proteolisis yang menghasilkan asam amino yang berperan untuk pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh, sehingga badan menjadi resisten dan berpengaruh menghadapi bibit penyakit. Namun imbas sampingnya badan secara otomatis akan mengeluarkan pirogen (zat penyebab demam). Pirogen selanjutnya membawa pesan melalui reseptor dalam hipotalamus, sehingga terjadi reaksi penaikan suhu badan dengan cara menyempitkan pembuluh darah tepi dan menghambat sekresi kelanjar keringat. Akibatnya pengeluaran kalor menurun dan suhu badan jadi meningkat.
    Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berguna mendinginkan sanggup dipakai untuk menurunkan demam. Umbi bengkuang sanggup dimakan secara pribadi maupun dibentuk dalam bentuk jus yang diminum pagi dan sore.
  • Bagus Untuk Penderita Penyakit Diabetes Mellitus
    Diabetes melitus atau yang sering dikenal dengan nama kencing bagus merupakan penyakit yang tidak pandang bulu. Semua kalangan sanggup mengidap penyakit ini, baik kaya maupun miskin, sampaumur muda maupun orangtua. Perubahan gaya hidup terutama contoh makan yang beralih ke kuliner yang serba instan dan simpel sanggup memicu terjadinya diabetes melitus. Selain perubahan gaya hidup dan contoh makan, faktor genetik juga berperan terhadap timbulnya penyakit ini.Penyakit kencing bagus atau Diabetes Melitus merupakan penyakit yang bersifat kronis (menahun) yang terjadi jawaban kekurangan insulin diktatorial atau relatif. Ditandai dengan meningkatnya konsentrasi glukosa di dalam darah. Selain itu juga mensugesti metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. Penyakit diabetes tidak sanggup disembuhkan tetapi sanggup dikendalikan.Upaya pengobatan yang biasa dilakukan yaitu santunan insulin. Namun upaya yang tidak kalah pentingnya yaitu mengaja keseimbangan konsumsi makanan. Pengaturan kuliner dan acara fisik merupakan cara yang terbaik biar kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal. Selain dengan obat dokter, bengkuangpun sanggup dipakai untuk mempertahankan kenormalan kadar gula dalam darah. Serat kuliner yang terdapat dalam bengkuang berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah lantaran diserap secara perlahan dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian serat pada bengkuang sanggup mengendalikan gula darah para penderita diabetes mellitus. Dalam upaya mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal, bengkuang dibentuk dalam bentuk jus atau sanggup pula diparut kemudian disaring kemudian diambil sarinya dan diminum setiap pagi dan malam hari.
  • Mengobati Sariawan
    Sariawan merupakan tanda-tanda pengikisan pada kulit mulut, yakni dinding dalam pipi atau lidah. Penyebabnya yaitu kekurangan vitamin C, alergi atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam bengkuang yang bertindak sebagai antioksidan sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. Bengkuang sanggup diberikan pada penderita sariawan dengan cara dibentuk dalam bentuk jus yang kemudian ditambahkan dengan madu dan air secukupnya.
  • Sebagai fitoestrogen Alami
    Bagi kaum wanita, kehadiran fitoestrogen sangat diharapkan untuk mempertahankan kualitas hidup diusia tua. Ketika seorang perempuan memasuki masa menopause dimana hormon estrogen tidak lagi diproduksi badan atau hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil, sehingga ada kecenderungan perempuan mengalami kemunduran fisik, diantaranya kulit lebih cepat mengeriput serta organ tulang mulai ringkih dan gampang patah.Oleh lantaran itu kuliner yang mengandung fitoestrogen harus diusahakan tersaji dalam hidangan hidangan setiap hari. Bengkuang merupakan salah satunya kuliner yang mengandung fitoestrogen sehingga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sudah memasuki masa menopause biar keluhan yang terjadi pada masa menopause sanggup dihindarkan dan akan menjadikan perempuan yang semakin bau tanah menjadi semakin segar dan lebih menarik.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
    Trigliserida dan kolesterol merupakan fraksi lemak yang biasa terdapat dalam darah. Dalam jumlah yang sempurna lemak sangat penting untuk tubuh. lemak merupakan zat yang kaya energi utnuk proses metabolime tubuh. Namun dalam jumlah yang berlebihan, lemak (trigliserida dan kolesterol) sanggup menimbulkan penyakit yang sangat serius menyerupai atherosklerosis, stroke dan penyakit jantung koroner. Kadar trigliserida dan kolesterol total dalam darah yang dianjurkan yaitu kurang dari 200 mg/ dl. Jika jumlahnya telah melebihi batas tersebut maka perlu diwaspadai dan dilakukan upaya terapi untuk menurunkannya.Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melaksanakan pengaturan kuliner dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang sanggup dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuang sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar air yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagai antioksidan juga sanggup membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.
  • Mengurangi Produksi Asam Lambung
    Gangguan asam lambung merupakan salah satu penyakit yang terjadi lantaran contoh hidup dan contoh makan yang berubah. Gangguan ini biasanya banyak terjadi pada mereka yang sibuk bekerja sehingga seringkali melalaikan waktu makan. Apabila produksi asam lambung semakin meningkat akan menimbulkan rasa mual dan muntah, nyeri pada ulu hati, rasa lemah, nafsu makan menurun, bahkan sakit kepala. Jika tidak segera diobati akan menimbulkan terjadinya peradangan atau bahkan luka dalam perut yang disebut dengan ulkus peptikum. Untuk mengurangi produksi asam lambung yang berlebih, dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi kuliner yang berminyak dan pedas yang sanggup merangsang produksi asam lambung. Ahli naturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkuang segar yang dimakan dalam bentuk biasa tanpa sambal atau garam. Karena sifat umbinya yang hambar serta sifat alkali bengkuang yang cepat meyerap asam lambung yang berlebih.
  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
    Bengkuang merupakan salah satu jenis materi pangan yang memegang peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrien yang terdapat dalam bengkuang sanggup menciptakan sistem kekebalan badan terjaga, sehingga relatif sanggup terhindari dari serangan banyak sekali macam infeksi maupun penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman maupun mikroorganisme yang berbahaya.
  • Khasiat lain dari bengkuang yaitu sanggup mengobati penyakit beri-beri jawaban kekurangan vitamin B1 (thiamin). Caranya yaitu dengan mengupas bengkuang, kemudian basuh higienis kemudian diparut atau dijus dengan memakai jus ekstraktor. Sebaiknya diminum pada waktu pagi hari atau siang hari sesudah makan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbuka Puasa Dengan Yang Manis? Usulan Atau Larangan?

Di dalam agama islam sudah ada sunnah yang menyampaikan para umatnya ketika berpuasa dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, apa alasan dibalik ajuan tersebut? dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, Selaku Koordinator pelayanan masyaraat ilmu gizi fakultas kedokteran Universitas Indonesia mengatakan. Selama 14 jam badan tidak mendapatkan asupan masakan baik itu cairan maupun sari makanan. Hal ini menjadikan kadar glukosa dalam darah menurun, kesannya badan akan mengalami kekurangan energi yang sanggup menjadikan badan menjadi lemas. Sumber energi pada badan insan ialah berasal dari karbohidrat yang mengandung gula, kemudian badan memproses gula tersebut menjadi sebuah energi. Oleh alasannya ialah itu, berbuka dengan yang manis-manis akan menjadi sebuah pilihan yang sempurna untuk mengembalikan kadar gula atau energi dalam badan manusia, menjadi normal kembali. dr. Inge menjelaskan "Namun, harus tetap diingat bahwa tetap ada

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan Pepaya ialah buah yang tersedia sepanjang tahun, rasanya yang nikmat, manis dan lembut. Buah pepaya dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan . Buah pepaya adalah salah satu favorit pecinta buah baik untuk gizi, pencernaan, dan obat. Pohon pepaya ditanam secara luas di seluruh tempat tropis dan dibudidayakan untuk buah-buahan dan papain lateks, enzim yang dipakai dalam industri makanan. Pepaya termasuk dalam keluarga Caricaceae genus, Carica dan ilmiah disebut sebagai Carica papaya. Pohon pepaya banyak buahnya yang bundar atau berbentuk menyerupai buah pir namun panjang yang sanggup mempunyai panjang sekitar 15-25 cm. Di dalam buah ada banyak biji hitam, di rongga tengah. Daging berwarna oranye, baik kuning atau pink, lembut dan mempunyai rasa nikmat dan manis, rasa musky dengan rasa yang kaya. Buah Babaco berkaitan bersahabat dengan pepaya, mempunyai penampilan dan rasa yang sama menyerupai pepaya. Apa yan

Sakit Maag, Tanda-Tanda Dan Penyebab Sakit Maag

Sakit Maag tanda-tanda dan penyebabnya, anda wajib tahu..!! Gejala Sakit Maag Gejala sakit maag yang sering terjadi adalah, rasa mual dan muntah, gampang lapar, rasa sakit di perut dan dada, kepala sering pusing, buang air besar terasa nyeri, sering bersendawan dan lainnya. Jika anda selalu sibuk dan sering telat makan, maka hal di atas akan anda rasakan, dan tentunya ini akan menyebabkan sakit maag yang marah. Mengatasi Sakit Maag Sebenarnya cara yang paling gampang untuk mengatasi maag ialah dengan contoh makan yang teratur dan hidup yang teratur pula. Hindari makanan yang menjadi penyebab maag, dan hindari juga makanan yang asam, pedas atau minumal beralkhohol, alasannya seringnya orang minum minuman beralkohol ini dalam keadaan perut kosong. Cara yang lain untuk mengatasi maag ini ialah dengan memakai obat. Mengkonsumsi obat sakit maag ialah cara terakhir yang harus di lakukan, akan tetapi dengan tawaran atau resep dokter. Dan sakit maag sendiri mempunyai dua jenis yaitu maag akut